Monday, July 24, 2006

hanya sementara

HANYA SEMENTARA…

Setelah khusyuk berdoa, pria tua itu menceritakan tentang masa lalunya…

“ Dulu aku adalah seorang pemabuk, dua atau tiga guci tidaklah cukup bagiku. Aku juga sering melacur, dua kali sepekan aku pergi ke lokalisasi. Seorang, dua, atau bahkan tiga wanita sekaligus kupesan.”

“Oh… betapa bergairahnya saat itu, dan…..dulu aku juga seorang penjudi, kelihaianku menjadikanku kaya raya. Semuanya kuhabiskan untuk berfoya-foya.”

“Oh… betapa nikmatnya dunia ini. Hingga suatu ketika…..Aku menghentikan semuanya.”

“Mengapa Anda berhenti?” tanyaku.

“Karena aku ketagihan,” jawabnya dengan mantap.

“Apa maksud Anda?” tanya seorang temanku.

“Aku benar-benar menyukai semua kesenangan itu, sehingga aku ingin menikmatinya sepanjang masa. Adapun caranya, pernah ku baca dalam sebuah buku tua. Bahwa aku, sementara waktu di dunia ini saja. Hanya sementara waktu di dunia ini saja. Harus mengganti semua kesenangan itu dengan amal shaleh. Dan, pasti kesenangan yang abadi akan kudapat kelak dihari kemudian, untuk selama-lamanya.”

Sambil berdiri dan bersiap melanjutkan perjalanannya, pria tua itu berkata :

“Adakalanya lembah maksiat merupakan jalan menuju keshalehan, namun tak perlu dan jangan mencoba melaluinya untuk menjadi orang yang shaleh.”

wassalam
Joe Sorjan

No comments: